Anda sulit hamil akibat PCOS ? Coba Terapi Akupunktur





PCOS (polycystic ovary syndrome) atau sindrom ovarium polikistik merupakan kondisi terganggunya fungsi ovarium pada wanita yang berada di usia subur. Kondisi ini menyebabkan hormon wanita yang menderita PCOS menjadi tidak seimbang karena hal-hal yang tidak diketahui.
Tanda-tanda awal PCOS adalah masa ovulasi atau subur yang tidak beraturan, meningkatnya kadar hormon pria (androgen) dalam tubuh wanita, dan munculnya banyak kista (kantong berisi cairan) pada ovarium. Jika seorang wanita mengalami setidaknya dua dari tiga tanda awal itu, maka kemungkinan ia mengidap PCOS.
Gejala PCOS
Biasanya gejala-gejala PCOS akan semakin jelas terlihat ketika wanita memasuki usia 16 sampai 24 tahun. Beberapa gejala-gejala umum PCOS adalah:
  • Pertumbuhan rambut yang berlebihan, biasanya di punggung, bokong, wajah, atau dada.
  • Kulit berminyak atau berjerawat.
  • Depresi.
  • Kesulitan untuk hamil.
  • Rambut kepala rontok atau menipis.
  • Berat badan bertambah.
  • Menstruasi tidak teratur. Dalam setahun frekuensi menstruasi lebih sedikit, atau jumlah darah yang dikeluarkan saat menstruasi lebih banyak.
Berkonsultasilah dengan dokter jika mengalami beberapa gejala tersebut, untuk mengetahui penyebabnya.
Penyebab dan Faktor Risiko PCOS
Sampai saat ini penyebab pasti PCOS masih belum diketahui, tapi diduga ada hubungannya dengan kadar hormon yang tidak normal. Namun, ada beberapa faktor yang mungkin bisa mendorong terjadinya PCOS, yaitu:
  • Resistensi terhadap insulin. Jaringan tubuh resisten terhadap insulin, sehingga tubuh terpacu untuk memproduksi lebih banyak insulin yang mengganggu pembuahan normal dan memicu penambahan berat badan.
  • Ketidakseimbangan hormon. Hal ini disebabkan antara lain karena naiknya kadar testosteron (hormon yang dominan pada tubuh pria), naiknya hormon lutein (kadar yang tinggi malah menganggu kerja ovarium), turunnya kadar globulin pengikat-hormon seksual (SHBG) sehingga aktivitas testosteron meningkat di dalam tubuh, dan naiknya hormon prolaktin (hormon yang memicu produksi air susu).
  • Faktor keturunan. Jika salah seorang anggota keluarga mengidap PCOS, maka risiko Anda semakin besar untuk terkena PCOS.
Jika tidak segera ditangani, penderita PCOS berisiko terkena beberapa penyakit seperti:
  • Diabetes tipe 2.
  • Sindrom metabolik.
  • Tekanan darah tinggi termasuk hipertensi pada masa kehamilan.
  • Perlemakan hati non-alkoholik.
  • Meningkatnya kadar kolesterol darah.
  • Infertilitas.
  • Sleep apnea.
  • Kadar lemak darah tidak normal.
  • Gangguan menstruasi berupa perdarahan abnormal dari rahim.
Pengobatan PCOS
PCOS tidak bisa disembuhkan, namun gejala-gejalanya dapat dikendalikan. Opsi-opsi penanganan yang bisa ditempuh oleh penderita PCOS adalah:
  • Mengubah gaya hidup. Penderita PCOS yang obesitas, bisa mulai untuk menurunkan berat badan. Lalu penderita PCOS perokok disarankan untuk berhenti, sebab wanita perokok punya kadar hormon androgen lebih tinggi dibanding wanita non-perokok.
  • Pembedahan. Pembedahan kecil yang disebut Laparoscopic Ovarian Drilling (LOD) menjadi opsi untuk menangani masalah kesuburan yang disebabkan PCOS.
  • Terapi hormon  Terapi ini bisa menormalkan siklus menstruasi, mencegah kanker uterus, pertumbuhan rambut yang berlebihan, munculnya jerawat, dan rontoknya rambut kepala.

Cara Kerja Akupunktur dalam Menangani PCOS
Akupunktur adalah terapi yang melibatkan stimulasi titik-titik pada tubuh dengan menggunakan berbagai teknik, seperti menusukkan jarum lembut ke dalam kulit  kemudian dimanipulasi secara manual atau dengan stimulasi listrik. Ini adalah pengobatan tradisional Cina yang didasarkan pada keyakinan bahwa setiap penyakit atau sakit disebabkan oleh penyumbatan di aliran energi vital atau “qi”. Akupunktur memasukkan jarum ke titik-titik akupunktur tertentu dalam upaya untuk membuka blokir aliran qi dan mengembalikan keseimbangan tubuh.  Tidak ada bukti ilmiah yang qi ada atau bahwa tubuh memiliki meridian atau titik-titik akupunktur. Tapi, ada penelitian yang membuktikan bahwa akupunktur lebih efektif daripada plasebo.
Jarum dan stimulasi listrik menyebabkan otot untuk mengirim informasi ke otak, melalui sumsum tulang belakang. Jika jarum dimasukkan ke daerah yang mengirimkan informasi sensorik tentang ovarium ke otak, itu mengarah ke penurunan pelepasan hormon laki-laki dari ovarium. Dan kita tahu bahwa androgen ini atau hormon laki-laki bertanggung jawab untuk banyak gejala  PCOS.

selain itu akupunktur  bertindak pada sistem di otak yang melepaskan hormon atau sistem neuroendokrin. Hal ini menyebabkan penurunan pelepasan hormon luteinizing yang lagi mengarah ke penurunan pelepasan hormon laki-laki dari ovarium. Dapat disimpulkan  bahwa akupunktur dapat bekerja pada sistem hormon atau endokrin dan langsung pada ovarium untuk menurunkan pelepasan hormon laki-laki yang akan menyebabkan peningkatan gejala PCOS.
Dalam kasus ini Akupunktur berfungsi untuk :
1.      meningkatkan aliran darah ke ovarium
2.      mengurangi volume ovarium dan jumlah kista ovarium
3.      mengendalikan hiperglikemia melalui peningkatan sensitivitas insulin dan mengatur kadar glukosa darah dan insulin
4.      mengurangi kadar kortisol dan membantu dalam penurunan berat badan dan anoreksia
5.       mengurangi kadar testosteron dan mengatur siklus estrogen untuk menormalkan ovulasi
6.      mengurangi simpatik drive sistem saraf
7.      meningkatkan frekuensi menstruasi sebesar 38%
8.      mengurangi aliran saraf simpatik

Pelayanan Klinik Terapi Medis Pakualaman :
-Akupunktur                      
-Hypnoterapy
-Fisioterapi
-Akupressure
-Reflexology
-Bekam
-Totok dan Massage Wajah
-Sunat/Khitan Balita,Anak,Dewasa
Biaya terapi akupunktur
Reguler Rp 60000
Paket 12x terapi Rp 600000
Buka Setiap Hari
Senin-Sabtu : 08.00 s/d 20.00
Minggu : 09.00 s/d16.00

Informasi lebih lanjut
Klinik PUSAT:
Jl. Purwanggan no.55A (timur kantor polsek pakualaman), Yogyakarta 0274-562996/ 085101152116/ 087843132878
Alamat klinik cabang :
Klinik cabang Sleman :
gandok, wedomartani, ngemplak, sleman,yogyakarta. (0274-870327)  087838336309 
WA  087838336309 / 082322673911
Klinik Cabang Magelang :
 jl. raya gulon, salam, magelang 085966550070/082220842233)
www.akupunkturjogjasleman.blogspot.co.id












Komentar

Postingan populer dari blog ini

Akupunktur dan Fisioterapi membantu Perbaikan pada Syaraf Terjepit di Leher (Cervical Root Sindrom) CRS

Atasi 5L (Lemah Letih Lelah Lesu Lunglai) dengan Akupunktur

Testimoni keberhasilan terapi akupunktur untuk gangguan mual muntah saat kehamilan